10 Tips Jualan di Marketplace untuk Pemula

Lama tidak share di grup.. hari ini saya akan share beberapa tips berjualan online tepatnya di marketplace.
Bagi yang belum paham marketplace itu apa, marketplace itu seperti tokopedia, bukalapak dan temannya2. Bayarnya melalui rekening bersama. Jd meningkat kepercayaan customer terhadap toko kita.
Seperti yang diketahui marketplace seperti pasar tapi didalamnya banyak sekali penjual. Dan tidak jarang berjualan barang yang sama. Nah, trus gimana donk ? jadi nggak laku donk dagangan gue kalau jualan di marketplace.
Berikut ada 10 tips menarik yang saya sendiri masih sebagian mengamalkan ilmunya. Dan teman-teman bisa mencoba tips2nya.
  1. Mengenal pangsa pasar
    Sebelum menjual produk, sangat penting kita mengenal target kita siapa.
    Pertanyaan yang timbul adalah seperti :

    a. Siapa yang akan membeli produk saya ?
    b. Apa yang mereka butuhkan?
    c. Apa masalah mereka ?

    Nah kemudian persempit secara detil misalnya pangsa produk DDC adalah wanita, usia 25-45 tinggal di Bekasi dan suka berbelanja online serta suka memasak. Begitu mendapatkan gambaran ideal customer ada maka susunlah strategi anda berikutnya.
  2. Buat kategori produk-produk anda
    Jelas anda perlu, karena customer akan mencari produk dari jenis kategori yang dijual di marketplace sebab itu susunlah pada kategori yang sesuai dan spesifik. Misalnya jangan pernah menempatkan produk baby meal di kategori hobi memancing tentu saja nggak nyambung dan nggak ada yang berminat beli.
  3. Buat BRAND toko anda.
    Biasanya didepan toko ada tempat banner yang rekan-rekan dapat menulis nama toko atau brandnyanya. Merk yang kuat akan mudah diingat oleh cutomer tentu saja anda mungkin perlu menambahkan logo, gambar dan warna atau tema yang menarik yang sesuai dengan produk yang dijual.
  4. Isi profil dengan keyword (kata kunci)
    Selalu gunakan :
    - Kata kunci pada judul toko
    - Kata kunci pada pengumuman toko (update toko)
    - Kata kunci yang singkat tapi relevan untuk mendeskripsikan produk anda.
  5. Optimalisasi judul produk dan deskripsinya
    Buatlah Judul produk yang menonjol dan menarik dan berhubungan satu sama lain. Misalnya alat masak sehingga pada bagian cari di marketplace maka produk yang dijual bunda-buda akan muncul
  6. Beri penambahan deskripsi pada setiap produk
    Berilah tambahan keterangan yang menarik dan lebih personal bukan sekedar copas dari web resmi.
  7. Berikan pelayanan prima misalnya dengan menjawab setiap review yang customer berikan memberikan hadiah-hadiah kecil yang tidak terduga. Karena hadiah kecil ini bisa jadi mengantarkan customer untuk repeat order atau merekomendasikan ke teman untuk membeli produk di toko anda.
  8. Gunakan foto yang menarik
    Tentu saja karena berjualan online, foto merupakan senjata ampuh untuk berjualan. Buat dari berbagai sudut, menggunakan pencahayaan yang baik. Lebih baik lagi apabila memiliki real photo
  9. Tawarkan diskon ekstra apabila membeli bundling produk. Misalnya beli Vienna+jug akan medapatkan diskon untuk pembelian berikutnya
  10. Active di social media
    Gunakan social media anda tentang produk yang anda jual dan toko anda di marketplace tentunya tapi tentunya jangan lebay dan update setiap saat karena namanya juga social media buka selling media. Sedikit tips dari saya, apabila customer anda yang dibidik target di fb anda

    - Kurangi curhat dan gossip atau mengeluh kesah apalagi share status menyudutkan dan menebar kebencian di facebook ini tentunya akan menurunkan brand image anda.
    - Amati waktu-waktu yang baik untuk share dan tentu saja walaupun eksis narsis jadi laris, tentu saja anda tidak perlu over exposure misalnya update 6x sehari hehehe.
    - Sharing-sharing yang bermanfaat, dan memiliki potensi untuk viral apalagi kalau tulisannya hasil karya sendiri bukan sekedar copas tentu saja meningkatkan personal brand anda.
Bersambung...
Berikutnya 10 MIDDLE LEVEL MARKETPLACE TIPS kalau 10 tips diatas sudah mulai dipraktekkan.
SELAMAT MENCOBA

0 Response to "10 Tips Jualan di Marketplace untuk Pemula"